Selasa, 10 Januari 2012

ALK: Manajemen Laba


LATIHAN 6-13
a.       Manajer memiliki motivasi dalam manajemen laba, dimana menerima opsi saham dengan harga pengambilan hak beli atas saham perusahaan yang menguntungkan. Para manajer perusahaan mempengaruhi harga pasar saham melalui informasi keuangan perusahaan dengan melaporkan kinerja perusahaan yang menurun dari periode sebelumnya. Penurunan kinerja perusahaan merupakan bentuk berita buruk  bagi pasar dan sangat berpengaruh pada jumlah permintaan dan penawaran terhadap saham perusahaan yang mengarah pada kelebihan penawaran dibandingkan dengan permintaan. Kondisi tersebut akan menurunkan harga pasar saham perusahaan seperti yang diharapkan oleh para manajer perusahaan. Dengan begitu manajer bisa melaporkan labanya yang rendah sehingga pajak yang dibayarkan juga rendah. Keadaan ini akan menguntungkan pihak manajer yang memiliki kepentingan tertentu dengan harga pasar saham tersebut. Karena manajer memiliki motivasi agar harga saham turun sehingga manajer dapat memiliki saham perusahaan dengan harga rendah sampai dengan berita baik dikeluarkan, dan ketika harga saham naik, manajer dapat menjual saham tersebut dengan harga yang tinggi.
b.      Pengumuman berita sekitar tanggal penetapan harga eksekusi opsi saham dapat diartikan analis bahwa tidak ada berita buruk yang akan cukup mempengaruhi harga saham. Atau analis dapat menduga bahwa akan ada berita baik setelah tanggal eksekusi opsi saham.
LATIHAN 6-15
Target manajemen laba yang membuat perusahaan ingin mengatur laba per lembar saham:
1.      Motivasi pajak, dimana pajak merupakan salah satu alasan utama perusahaan mengurangi laba bersih. Semakin kecil laba bersih, semakin kecil pula pajak yang dilaporkan dan dibayar.
2.      Motivasi pasar modal, hal ini dilakukan dengan meratakan laba yang dilaporkan untuk tujuan pelaporan eksternal (income smoothing), terutama bagi investor karena pada umumnya investor lebih menyukai laba yang relative stabil. Hal tersebut didasarkan pada informasi laba dan reaksi harga saham di pasar modal terhadap pelaporan laba. Harga saham cenderung naik apabila laba yang dilaporkan lebih besar dari laba yang diharapkan, sebaliknya harga saham cenderung turun apabila laba yang dilaporkan lebih kecil daripada laba yang diharapkan.



SOAL 6-1
        Tahun 8
        Tahun 7
Penjualan
775.00
600.00
Harga pokok dan beban
(657.00)
(576.00)
Pendapatan sebelum pajak
118.00
24.00
Biaya pajak 50%
59.00
12.00
Pendapatan dari operasi yang masih berlangsung
59.00
12.00
Laba (rugi) penghentian operasi
(9.00)
8.00
Laba bersih
50.00
20.00

1 komentar:

  1. Kak mau tanya kalau soal ini gimana ya?
    -Tuliskan alasan mengapa manajer mungkin menolak perhitungan akrual kerugian kontijensi?
    -Jelaskan situasi dimana manajer mungkin bersedia mengakui kontijensi yang semula mereka tolak?
    Mkasih sebelumnya kak

    BalasHapus

just for ur referencies ;)