Selasa, 10 Januari 2012

Mengelola Resiko Etika dan Manajemen Krisis



A. Resiko Etika
Resiko Etika merupakan suatu kemungkinan dilanggarnya etika yang disebabkan oleh ketidakmampuan perusahaan atau institusi dalam memenuhi harapan stakeholder. Supaya suatu organisasi atau perusahaan tetap dapat bertahan hidup, perusahaan dan professional wajib menjalankan manajemen resiko etika. Secara singkat, pengertian manajemen resiko etika adalah tata kelola yang menjunjung kode etik sehingga dapat meminimalisasi ketidak mampuan perusahaan dalam memenuhi harapan stakeholder. Ragam resiko etika dalam kaitannya dengan stakeholder:
Harapan stakeholder yang tidak dapat dipenuhi
ResikoEtika
Pemegang saham
- Adanya perilaku penggelapan dana dan asset.
- Adanya konflik kepentingan dengan para eksekutif perusahaan
- Tingkatan performa perusahaan yang tidak sesuai
       dengan keinginan para pemegang saham.
- Keakuratan dan transparasi laporan keuangan.

Kejujuran dan integritas. Pertanggung jawaban
yang dapat diprediksi. Kejujuran dan pertanggungjawaban.
Kejujuran dan Integritas.

Karyawan
- Keamanan Kerja
- Pembedaan
- Mempekerjakan anak dibawah umur dan pemerasan tenaga buruh.

Kewajaran
Keadilan
Keadilan dan perlakuan kasih sayang
Pelanggan
-Keamanan Produk
-Performa Perusahaan

Keterbukaan.
Kewajaran.
Lingkungan
-Terciptanya Polusi

Integritas dan
Pertanggungjawaban.
            Dengan adanya resiko etika tersebut, maka manajemen perlu menerapkan pengelolaan atau manajemen yang berfokus pada pemenuhan kepentingan stakeholder.

B. Manajemen Resiko Etika
Dalam menerapkan manajemen resiko etika, terdapat beberapa tahapan yang dapat dilakukan oleh para investigator perusahaan, yaitu:
1. Mengidentifikasi dan Menilai Resiko Etika
    Identifikasi Penilaian resiko etika dibagi menjadi beberapa tahap:
a.   Melakukan penilaian dan identifikasi para stakeholder perusahaan.
Tahap ini investigator manajemen membuat daftar mengenai siapa dan apa saja para stakeholder yang berkepentingan beserta harapan mereka. Setelah mengetahui siapa saja para stakeholder dan apa kepentingannya serta harapan mereka, maka manajemen dapat melakukan penilaian dalam pemenuhan harapan stakeholder. Investigator hendaknya memiliki pemahaman mengenai bentuk kepentingan stakeholder mana saja yang sensitif dan penting, dan kenapa hal itu penting bagi stakeholder
b.   Mempertimbangkan kemampuan aktivitas perusahaan dengan ekspektasi stakeholder, dan menilai risiko ketidak sanggupan dalam memenuhi ekspektasi stakeholder atau menilai adanya kemungkinan peluang untuk berprestasi lebih dari yang diharapkan.
Saat mempertimbangkan apakah ekspektasi telah terpenuhi, maka manajemen wajib membuat perbandingan di antara input, output, kualitas relevan dan variabel kinerja lainnya.
c.   Meninjau ulang perbandingan akitivitas dan ekspektasi perusahaan dari perspektif dampak reputasi perusahaan.
Reputasi tergantung pada empat faktor, yaitu kejujuran, kredibilitas, reliabilitas, dan tanggung jawab. Faktor-faktor tersebut bisa menjadi kerangka kerja dalam melakukan perbandingan.
d.   Melakukan pelaporan.
Setelah tahap ketiga selesai, maka manajemen dapat menyiapkan laporan kepada masing-masing stakeholder. Laporan tersebut harus dibuat dengan mempertimbangkan kelompok stakeholder, produk atau jasa, tujuan perusahaan, nilai-nilai hypernorm, dan elemen-elemen penentu reputasi.
2. Penerapan strategi dan taktik dalam membina hubungan strategis dengan stakeholder.
Pendekatan yang dapat diterapkan adalah berfokus pada kemungkinan apakah para stakeholder tersebut bisa dengan mudah bekerja sama dengan perusahaan ataukah cenderung sulit bekerja sama dan menjadi ancaman bagi perusahaan.
3.      Akuntabilitas sosial dan audit.
Audit dan akuntabilitas sosial dimaksudkan untuk mereview perkembangan yang harusnya terbukti benar dalam memutuskan apa yang harus diukur, pelaporan pihak lain, dan langkah audit yang mungkin diambil untuk memastikan akurasi informasi yang dihasilkan dan dilaporkan.




2 komentar:

  1. terimakasih atas penyajian informasinya. khusus untuk manajemen krisis kapan saya dapat menunggu penyajiannya bersamaan dengan muatan penyajian manajemen resiko etika ? :)

    BalasHapus
  2. terimakasih atas penyajian informasinya. khusus untuk manajemen krisis kapan saya dapat menunggu penyajiannya bersamaan dengan muatan penyajian manajemen resiko etika ? :)

    BalasHapus

just for ur referencies ;)